Cara Install LAMP Server Di Debian 8 Jessie Lengkap - Liza Rifan Muazin

Monday, January 28, 2019

Cara Install LAMP Server Di Debian 8 Jessie Lengkap

Cara Install LAMP Server Di Debian 8 Jessie Lengkap
Cara Install LAMP Server Di Debian 8 Lengkap - LAMP Server merupakan sebutan dari beberapa aplikasi server yang digunakan sebagai webserver. LAMP Server sendiri merupakan singkatan dari Linux, Apache, MariaDB dan PHP.

Sebenarnya konfigurasi ini sudah saya bagas di artikel sebelumnya, namun karena beberapa teman saya lebih sering menyebut LAMP Server daripada WEB Server + Database Server, maka saya akan membuat artikel baru dengan judul LAMP Server, yaitu gabungan dari WEB Server dan Database Server.

Untuk menginstall webserver anda dapat melihat tutorial saya yang sebelumnya yaitu. Cara Install Web Server Di Debian 8 Jessie.

Jika sudah menginstall Web Server, Sekarang anda harus menginstall Database Server, database yang saya gunakan yaitu MariaDB.
LAMP Linux Apache MySQL PHP

Kenapa ngga pake MySQL? Saya ngga tau MariaDB

Pada dasarnya MySQL ataupun MariaDB sama saja, karena MariaDB ada juga berasal dari MySQL. Bedanya kalau MariaDB adalah database yang gratis, meskipun MySQL ada yang versi gratis juga si.

Untuk menginstall database server dapat dilihat disini. Cara Install Database Server + PHPMyAdmin. Beruntung karena pada tutorial ini sudah termasuk install PHPMyAdmin, jadi untuk memenejemen database akan lebih mudah.

Nah jika kedua server sudah terinstall itu tandanya Anda sudah berhasil menginstall LAMP Server.

Lalu apa kegunaan LAMP Server ini min?

Jika server Anda sudah terinstall LAMP, maka Anda dapat menginstall cms yang menggunakan database, misalnya wordpress. Anda hanya perlu mencari script wordpress di internet kemudian  menginstallnya di server.

Sekian tutorial dari saya tentang LAMP Server, jika masih ada yang kurang paham silakan tanyakan saja di kolom komentar atau dengan menghubungi saya melalui halaman kontak.

Share with your friends