Cara Konfigurasi Web Server Di Debian 8 Jessie Lengkap - Liza Rifan Muazin

Saturday, January 26, 2019

Cara Konfigurasi Web Server Di Debian 8 Jessie Lengkap

Cara Konfigurasi Web Server Di Debian 8 Jessie Lengkap
Cara Konfigurasi Web Server Di Debian 8 Jessie Lengkap - Web Server merupakan server yang banyak digunakan. Jika tidak ada web server maka anda tidak dapat melihat website-website yang sekarang ada di internet. Blog inipun memerlukan webserver sehingga bisa diakses oleh kalian.

Server Web dapat merujuk pada hardware ataupun software yang menyediakan akses kepada pengguna melalui protokol http atau https atas berkas-berkas yang terdapat pada suatu situs web dalam layanan ke pengguna dengan menggunakan apliaksi tertentu seperti browser. src : wikipedia.

Pada kesempatan kali ini saya akan menggunakan apache sebagai webservernya, sekaligus php5 karena didebian 8 hanya tersedia php5.

Seperti biasa, Anda harus login dulu dengan akun root atau super user kemudian install apache2 dan php5
apt-get install apache2 php5
Tunggu hingga proses selesai. Document root webserver di debian 8 berbeda dengan debian 7. Jika didebian 7 document root terletak di /var/www/ sedangkan di debian 8 terletak di /var/www/html.

Jika proses installasi sudah selesai langsung saja cek dari sisi client dengan cara buka browser dan ketikan alamat ip server. Jika berhasil maka akan muncul tampilan apache debian 8.
Apache2 webserver di debian 8 jessie
Sampai disitu sebenarnya webserver sudah berhasil terinstall di debian 8. Namun sebagai tambahan saya akan menunjukan cara melihat informasi php5 yang tadi sudah terinstall melalui tampilan web.

Caranya cukup mudah, anda hanya perlu masuk ke document root (/var/www/html) dan membuat sebuah file berekstensi php dan isinya seperti dibawah ini.

<php
phpinfo();
?>
nano /var/www/html/info.php
melihat informasi php
Simpan file kemudian buka lagi browser dan ketikan alamat ip dari server dengan menambahkan /info.php. Maka hasilnya akan serperti dibawah ini.
Melihat informasi php melalui web
Sekian tutorial cara menginstall webserver di debian 8 jessie. Jika masih ada yang kurang paham silakan tanyakan di komentar ataupun melalui halaman kontak.

Share with your friends