Pengalaman Training Dan Sertifikasi MTCNA MTCRE Di BLC Telkom Klaten - Liza Rifan Muazin

Saturday, November 10, 2018

Pengalaman Training Dan Sertifikasi MTCNA MTCRE Di BLC Telkom Klaten

Traning MTCNA dan MTCRE Mikrotik BLC Telkom Klaten

Pengalaman Training Dan Sertifikasi MTCNA MTCRE Di BLC - Seperti biasa setelah saya mengikuti event saya akan membagikannya di blog ini. Mungkin bisa dibilang sudah telat ya, namun tak apalah daripada tidak sama sekali.

Kali ini saya akan membagikan pengalaman saya mengikuti training dan sertifikasi MTCNA serta MTCRE di BLC Telkom Klaten. Jadi dulu saya pernah PKL di BLC Telkom Klaten, dan alhamdulillah mendapat kesempatan untuk mengikuti training mikrotik.

Di training mikrotik tersebut saya mendapatkan ilmu banyak, dari yang ngga tahu apa itu mikrotik bahkan ngga bisa membedakan router dan mikrotik, padahal mikrotik itu vendor ya wkwk. Setelah mengikuti alhamdulillah tahu sedikit tentang mikrotik dan cara konfigurasinya. Selain itu saya juga mendapatkan dua buah lisensi level 4, lumayan kan hehe.

Untuk materinya tidak akan saya share disini karena ketika anda training maka traineer akan membagikan ebook berisi materi yang nantinya akan diujikan. Dulu trainer saya yaitu Pak Ziad Sobri, cara presentasinya sangat berbobot dan beliau juga memiliki banyak sertifikat yang berhubungan dengan jaringan, Terima kasih Pak Ziad.
Trainer Mikrotik Pak Ziad Sobri
Oke langsung saja saya akan menjelaskan, MTCNA merupakan sertifikasi mikrotik yang paling dasar, disini saya mengikuti dua sertifikasi yaitu MTCNA dan MTCRE. Namun jika MTCNA tidak lulus maka tidak dapat melanjutkan ke MTCRE. Berikut beberapa sertifikasi yang ada di mikrotik.

  1. MTCNA   - Mikrotik Certified Network Associate
  2. MTCRE    - Mikrotik Certified Routing Engineer
  3. MTCWE   - Mikrotik Certified Wireless Engineer
  4. MTCTCE  - Mikrotik Certified Traffic Control Engineer
  5. MTCUME - Mikrotik Certified User management Engineer
  6. MTCINE   - Mikroitk Certified Inter-networking Engineer

Peraturan Ujian Sertifikasi Mikrotik

  1. Soal ujian menggunakan bahasa inggris
  2. Tidak boleh menyimpan soal entah screenshot ataupun copy paste.
  3. Jika score dibawah 50 maka dinyatakan TIDAK LULUS
  4. Jika score antara 50-59 mendapat kesempatan yang kedua
  5. Jika score diatas 60 maka dinyatakan LULUS
  6. Bagi yang ingin menjadi TRAINER maka score yang diperoleh minimal 75
  7. Sertifikasi tidak permanen, hanya 3 tahun, namun bisa diperpanjang.
  8. Pada saat ujian boleh melihat buku, namun tidak boleh mencontek peserta lain.

Tips Lulus Ujian Sertifikasi MTCNA dan MTCRE

  1. Perhatikan saat trainer menjelaskan, tanyakan jika ada yang kurang paham
  2. Pelajari lagi setelah selesai training
  3. Bagi yang tidak bisa berbahasa inggris bisa menggunakan google translate, namun jangan copy paste soal. Tulis ulang saja, atau tulis intinya saja.
  4. Kerjakan yang mudah terlebih dahulu, karena soal bisa dilewati.
  5. Jangan tergesa gesa, jawaban biasanya sudah tersedia di wiki.mikrotik.com
  6. Jawablah latihan soal yang beredar di internet dan yang terakhir jangna lupa berdoa sebelum dan sesudah ujian.

Setelah selesai ujian nilai akan otomatis muncul berupa persen (%), seperti yang sudah dijelaskan diatas jika lebih dari 60% maka dinyatakan LULUS.

Jangan-jangan adminnya cuma ngomong doang nih, padahal aslinya gapernah ikut sertifikasi?

Semua artikel di blog ini terutama yang pengalaman, saya tulis sesuai yang saya alami, saya tidak tidak pernah bermaksud untuk menyesatkna pembaca.

Terus hasil ujian admin gimana nih? lulus apa engga?

Alhamdulillah saya lulus MTCNA lebih dari 75% jadi bisa melanjutkan MTCRE. MTCRE juga sama, saya berhasil lulus dengan nilai lebih dari 75%. Terima kasih Pak Ziad, dan terimakasih semua yang sudah membantu saya secara lisan ataupun melalui tulisan di blog masing-masing.

Sebagai tambahan saja, bagi yang berhasil lulus MTCNA dan MTCRE dengan nilai lebih dari 75% maka akan mendapat undangan Mikrotik BootCamp di Lampung pada bulan Desember 2018, mereka boleh mengikuti acara tersebut dengan gratis. 

Hasil sertifikat berupa file pdf dan dapat didownlaod di menu my certificates, silakan login dulu ke akun mikrotik masing-masing. Berikut sertifikasi dari admin.
Sertifikat MTCNA Dan MTCRE Liza Rifan Muazin

Share with your friends