Jenis Jenis Enkripsi Pada Wifi Untuk Keamanan Jaringan Wireless

- Monday, April 09, 2018
Jenis Jenis Enkripsi Pada Wifi Untuk Keamanan Jaringan Wireless

Jenis Jenis Enkripsi Pada Wifi Untuk Keamanan Jaringan Wireless - WiFi (Wireless Fidelity) merupakan salah satu media transimisi data tanpa menggunakna kabel. Lalu menggunakan apa? Dalam proses transmisi wifi menggunakan gelombang radio, hal ini dapat menghemat biaya dibandingkan menggunakan kabel.

Namun wifi lebih rentan dari serangan karena siapa saja bisa masuk kedalam jaringan. Untuk mengatasinya maka muncullah yang namanya enkripsi. Dengan adanya enkripsi maka wifi anda kan lebih aman. Enkripsi pada wifi terdapat banyak jenisnya.

Anda dapat menggunakan sesui kebutuhan karena semua punya kelebiha dan kekurangan masing-masing. Setelah anda menggunakan enkripsi bukan berarti jaringan wireless anda sudah aman, karena kerentanan pada wifi bukan hanya dikarenakan ada tidaknya enkripsi. Berikut ini beberapa contoh enkripsi pada jaringan wifi yang paling sering digunakan untuk mengamankan jaringan wireless.

1. WEP

WEP adalah singkatan dari "Wired Equivalent Privacy" dan merupakan enkripsi tertua. WEP memiliki banyak keurangan, bahkan banyak orang lain yang menganggap bahwa WEP merupakan enkripsi wifi yang paling rentan.

Oleh karena itu jika anda ingin memilih enkripsi untuk mengamankan jaringan wireless jangan memilih WEP, karena bagi orang yang paham mengenai jaringan maka akan sangat mudah membobol keamanan ini.

Alasan kenapa memilih WEP yaitu karena sudah memenuhi standar dari 802.11 yaitu:
  • Reasonably strong
  • Exportable
  • Self-Synchronizing
  • Computationally Efficient 
KELEBIHAN WEP
User akan dimudahkan karena semua serba otomatis, user hanya diminta untuk memasukkan username dan password  setiap kali ingin browsing. Selain itu WEP ini hampir didukung oleh semua komponen wireless.
KELEMAHAN WEP

Algoritma yang digunakan sangat lemah dan mudah dipecahkan, hal ini digunakan karena WEP menggunakan kunci yang bersifat statis.

Jadi jika anda memiliki router yang hanya support WEP usahakan ganti saja, karena saat ini orang-orang sudah meninggalkan keamanan jenis ini. Anda bisa menggunakna enkripsi jenis lain seperti yang akan saya jelaskan dibawah ini.

2.  WPA dan WPA2

WPA atau Wi-Fi Protected Access merupakan salah satu enkripsi dalam jaringan wireless. Awalnya WPA diciptakan untuk mengatasi kerentanan pada enkripsi jenis WEP.

Sementara itu ada WPA2 sebagai pembaruan dari WPA, WPA2 lebih aman dan sulit untuk dibobol. Hampir semua perangkat jenis baru mendukung teknologi jenis ini. Jadi anda jangan sampai kalah untuk menggunakan enkripsi WPA2 untuk mengamankan jaringan wireless anda.

WPA2 juga terbagi menjadi dua lagi yaitu WPA2 Personal dan WPA2 Enterprise.

WPA2 PERSONAL
WPA2 Personal atau ada juga yang menyebut WPA2 PSK (Pre-Shared Key) lebih ditunjukan oleh pengguna jaringan kecil, seperti halnya jaringan dirumah rumah. Cara setting WPA2 PSK ini juga lebih mudah dibandingkan WPA2 Eterprise

Kelemahan pada WPA2 PSK biasanya disebabkan oleh administratornya sendiri, masih banyak yang menggunan password-pasword yang mudah ditebak seperti halnya angka 1-5. Jadi gunakanlah password dengan kombinasi yang rumit.

WPA2 ENTERPRISE
Enkripsei jenis ini ditunjukan untuk jaringan yang besar seperti halnya perusahaan, dililhat dari namanya saja kita semua pasti sudah tahu. Dengan menggunakna WPA2 enterprise maka setiap user harus menggunakna  akun sendiri.

Seorang admin juga akan lebih mudah memantau lalu lintas jaringan, admin dapat memutus jaringan yang dikehendakinya tanpa mengganggu user lain yang terhubung ke jaringan. 

Mohon maaf apabila saya tidak bisa membalas komentar satu persatu.

EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search